Kita selalu berusaha mengingatkan anak-anak di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah ataupun proyek-proyek pendidikan yang diberikan gurunya. Sering kali kita harus melakukannya setiap hari, karena kebanyakan mereka lupa. Mereka lebih suka bermain dengan teman-temannya di rumah. Butuh konsistensi dari kita sebagai orang tua untuk melakukan hal ini, sampai mereka membentuk kebiasaanya sendiri. 

Dalam berinvestasi di bursa saham – terutama saat berusaha menentukan harga beli saham -  kita juga perlu untuk melakukan “pekerjaan rumah” untuk menelusuri saham-saham yang akan menjadi target investasi kita. Sering kali kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memastikan saham yang akan kita beli/jual memenuhi semua kreteria atau aturan yang sudah kita tetapkan. Semua ini perlu kita lakukan untuk menjaga tingkat keuntungan investasi yang telah direncanakan. Kita perlu mengetahui apa yang kita putuskan. 

Hal paling utama yang perlu menjadi bahan pertimbangan adalah,”Apa tujuan Anda melakukan investasi?” 

Apakah untuk melipatgandakan aset? Merencanakan pendidikan anak? Menciptakan arus kas sehingga Anda dapat membeli kemewahan yang diinginkan? … seperti membeli kendaraan baru, jalan-jalan, dll. Atau ada hal lain? 

Pertanyaan selanjutnya adalah,”Bagaimana kita melakukannya? Sebaiknya berinvestasi pada saham perusahaan apa? Pada harga berapa sebaiknya kita membeli saham yang dimaksud? Berapa keuntungan yang kita targetkan? Kapan menjualnya? Bagaimana cara yang paling baik dan efektif untuk mendapatkan informasi harga saham? 

Anda dapat menggunakan dailystockprice report sebagai  langkah awal untuk melakukan pekerjaan rumah investasi saham Anda. 

Pada bagian pertama  (1), kami memberikan informasi harga saham-saham yang baru mencapai titik belinya. Hal ini bukan berarti kita langsung mengangkat telpon & menghubungi broker kita atau membeli langsung secara online untuk membeli saham-saham tersebut. Anda dan saya perlu kembali menelusuri fundamental perusahaan masing-masing. Lakukan pekerjaan rumahnya terlebih dahulu. 

Pada harga beli saham ini, kami mencantumkan harga saat ini, harga beli, maksimum beli (aturan kami 5% dari harga beli), dst.  Jika saham yang akan kita beli sudah jauh diatas harga belinya, misalnya sudah melebihi 5% dari harga beli yang sudah ditentukan, sebaiknya jangan dikejar. Karena pada kebanyakan kasus jika memang sahamnya baik, market akan memberikan kesempatan untuk membelinya kemudian atau kesempatan beli yang lain. Simak secara kontinu laporannya, bersabar & bersiaplah jika kesempatan beli kembali muncul. 


article 16aug09a 


Hal lain yang perlu kita cermati adalah performance & likuiditas (2). Jika saham yang akan kita beli memiliki angka/rate yang rendah, akan sangat bijaksana jika kita mengevaluasi lebih dalam, karena jangan sampai kita memiliki sahamnya tapi dikemudian hari sulit dijual atau pergerakannya tidak seperti yang kita rencanakan. Apakah kira-kira perusahaan investasi  besar akan mengambil posisi yang signifikan dalam saham perusahaan ini? 

Pekerjaan rumah: teliti besarnya kepemilikan perusahaan terhadap saham ini pada situs-situs finansial, biasanya pada bagian institutional holders daninsider trading.

 

Pada bagian paling kanan adalah small transaction yang memberikan indikator likuiditas dan indikator harga saham. Jika bertanda seru (!) (3) berarti likuiditasnya rendah (aturan kami perdagangan harian dibawah 200,000 lembar) dan atau harganya terlalu murah (harganya dibawah Rp. 200). 

Pekerjaan rumah: teliti rata-rata perdagangan saham setiap hari pada grafik & kepemilikan saham publik di laporan keuangan perusahaan, Anda bisa lihat pada bagian share outstanding. 


Banyak juga investor yang bertanya, jika harga belinya murah berarti kesempatan mendapatkan kenaikan harga akan lebih terbuka. Memang hal ini mungkin, namun disisi lain harga saham murah pasti memiliki alasan tertentu yang kuat juga. Sama halnya jika kita ingin membeli barang dengan harga murah, pasti karena ada alasan tertentu. Jadi sangat behubungan dengan kualitas sahamnya dan aturan Anda dalam berinvestasi di bursa saham. 

Saham yang murah biasanya akan memiliki volatilitas yang besar. Keputusan tergantung pada kesiapan Anda untuk menanganinya. Makin tinggi volatilitas harga hariannya, makin sulit kita menangani emosi kita sendiri. 

Salah satu aturan investasi saham adalah emosi perlu dilibatkan pada saat kita menentukan tujuan investasi pribadi, bukan pada saham yang kita miliki. 

Pekerjaan rumah: berapa besar toleransi Anda dalam menangani fluktuasi harga saham harian? Pastikan mengambil angka yang berada diluar emosi Anda. 


Paradigma yang perlu dipikirkan adalah, jika kita membeli saham dengan harga murah akan mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar. Apakah ini benar? Belum tentu, karena potensi keuntungan dihitung berdasarkan persentase kenaikan sahamnya bukan kenaikan rupiahnya. 


article 16aug09b 


Selanjutnya, jika dalam tabel ini ada tulisan “50d MA” (4), artinya saham ini mendapatkan support pada garis 50-day moving average-nya, tentunya didukung oleh volume perdagangan yang mencukupi. Garis moving average ini banyak digunakan oleh investor-investor besar sebagai titik acuan pembelian saham suatu perusahaan. 

Pekerjaan rumah menyeluruh: lihat laporan keuangan perusahaan, seperti balance sheet, cash flow, income statement dan rasio keuangan yang penting seperti ROE (return on equity), sales growth, EPS growth. Beberapa data juga kami sajikan pada laporan dailystockprice setiap hari Jumat.