Pemerintah melalui Bursa Efek Indonesia mengeluarkan program 'Yuk Nabung Saham' pada bulan November 2015. Mengutip dari websitenya, tujuan dari program kampaye ini adalah:

"Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala.

Kampanye ini dimaksudkan agar merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari kebiasaan menabung menjadi berinvestasi, sehingga masyarakat Indonesia mulai bergerak dari saving society menjadi investing society". 

*Penjelasan detail mengenai program ini dapat dilihat pada website resminya: http://yuknabungsaham.idx.co.id.

Jika Anda menyimak websitenya, secara garis besar sudah dipaparkan mengenai tujuan, cara memulainya sampai dengan pilihan perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek (rekening investasi tempat Anda melakukan proses jual-beli saham/reksadana).

Apa yang Dilakukan (Calon) Investor pada Umumnya?

Secara umum, (calon) investor akan menterjemahkan program ini dengan cara trading di bursa saham atau hanya sekedar jual/beli saham tanpa memiliki arah yang jelas.

Jika Anda & saya berpikir dan kemudian menerapkan hal tersebut, maka kemungkinan besar penggalan kalimat pada tujuan diatas - 'membeli Saham secara rutin dan berkala' dan 'merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari kebiasaan menabung menjadi berinvestasi' - akan cukup sulit dijalankan.

Berikut data kondisi pasar modal Indonesia per bulan September 2015:

Kondisi Pasar Modal Indonesia - Sumber: http://yuknabungsaham.idx.co.id

Jika dilihat dari data diatas, komposisi perbandingan antara jumlah total investor dengan jumlah investor yang aktif & konsisten berinvestasi di pasar modal masih rendah. Sebagian besar (calon) investor mungkin semangat saat memulai, namun sulit secara konsisten melakukannya untuk jangka panjang... ada suatu kendala di tengah jalan.

Walaupun data diatas belum cukup memberikan kesimpulan mengenai komposisi nilai perdagangan, namun cukup bisa mengambil kesimpulan terhadap dampaknya. Oleh karena itu saat ini BEI terus berusaha mengedukasi masyarakat guna meningkatkan data-data diatas.

Progressnya s/d September 2017...

Progress s/d September 2017

Jika melihat progess s/d bulan September 2017, data investor sudah mengalami kenaikan. Otoritas bursa telah melakukan banyak hal untuk menaikkan angka pertumbuhan investor, namun hukum rata-rata tetap berlaku. Jumlah orang yang mulai investasi akan selalu cenderung lebih besar dibandingkan dengan jumlah orang yang konsisten untuk berinvestasi.

Faktor ini yang menyebabkan kami di dsp duduk & berpikir bagaimana agar setiap (calon) investor dapat mulai 'nabung saham', mengikuti program pemerintah & tetap secara konsisten melakukannya untuk jangka panjang dengan strategi yang cukup mudah & sederhana.

Faktor utama yang dibutuhkan adalah kesediaan Anda 'menabung' di bursa saham & memiliki komitmen sejak awal.

Pilih Investasi Apa?

Faktor berikutnya yang cukup penting dipertimbangkan adalah mengenai pilihan produk-produk investasi yang dapat mengantarkan Anda dan saya mencapai tujuan investasi. Data-data dibawah ini dapat dijadikan bahan untuk berpikir dan memilih jenis investasi yang cocok.

Pilihan Investasi
Data diatas diambil dari website Yuk Nabung Saham, http://yuknabungsaham.idx.co.id

Sebelum mengambil keputusan untuk memilih jenis atau produk investasi, pastikan Anda berhitung dengan segala kemungkinan resiko yang mungkin akan muncul.

Beberapa saran yang dapat pertimbangan.

  • Anda perlu memilih jenis investasi yang diawasi secara resmi oleh pemerintah Indonesia.
  • Selalu hitung kemungkinan keuntungan yang mungkin akan diperoleh dengan resiko yang mungkin akan terjadi.
  • Pilihan produk investasi dengan tingkat keuntungan yang besar tidak selalu berarti baik dan cocok untuk kebutuhan Anda saat ini atau untuk masa mendatang.
  • Untuk memilih produk investasi, selalu berusaha mengambil data-data dari kinerja produk investasi pada rentang waktu yang relatif panjang, misalnya 10, 15 atau 20 tahun.
  • Berpikir untuk investasi jangka panjang. Saat Anda memutuskan memulai investasi, tujuan Anda adalah berada selamanya didalamnya... bukan untuk waktu yang singkat.
  • Gunakan asumsi yang wajar & masuk akal sebagai panduan awal Anda menentukan tujuan hasil investasi Anda. Semakin lama/berpengalaman Anda berinvestasi, pilihan produk investasi akan semakin terbuka sehingga Anda akan memiliki ruang untuk menyesuaikan tujuan investasi Anda. Namun sekali lagi, mulailah dari asumsi tujuan yang wajar.
  • Sesuaikan produk investasi yang dipilih dengan profil resiko Anda.
  • Memilih beberapa produk investasi dengan tingkat resiko yang berbeda adalah salah satu strategi yang baik. Hal ini penting untuk tetap menjaga konsistensi perkembangan investasi Anda.

Pada artikel ini saya akan lebih memfokuskan strategi Nabung Saham di bursa efek Indonesia dengan pilihan produk investasi yang lebih terfokus.

Bagaimana Strateginya?

Sumber: BEI

Dari program kampanye 'Yuk Nabung Saham' ini, bagaimana kita sebagai (calon) investor saham menyikapinya & bagaimana strategi yang digunakan agar program ini dapat berjalan sesuai dengan tujuan kita masing-masing.

Kami di dsp sejak program ini dikeluarkan mulai bekerja untuk menerapkan suatu strategi yang sederhana & cukup mudah diikuti, sehingga setiap investor yang ingin mulai atau investor yang sudah berpengalaman dapat menjalankannya untuk jangka panjang.

Beberapa alternatif sudah kami kembangkan, namun sampai dengan saat ini ada dua strategi yang menurut kami dapat diimplementasikan dengan terukur. Kami sudah melihat hasil perkembangannya (walaupun belum cukup banyak waktu untuk membuat kesimpulan yang akurat), namun kami cukup optimis dengan strateginya.

Pada video dibawah ini saya akan secara spesifik membicarakan dua strategi yang dapat mendukung program ini. Saya yakin semua dari Anda dapat menerapkannya. Penjelasannya dapat dilihat pada video berikut:

Informasi tentang  tabel Fundamental dsp: http://dailystockprice.net/fundamental

Trial Data dsp: https://dailystockprice.net/data/index.php/akses-data-trial

Jika memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom comments pada youtube.

Mencari Sumber Data.

Mendapatkan sumber data sebagai bahan baku mengambil keputusan investasi sangat penting. Artikel ke-2 berikut akan lebih menjelaskan.

Untuk diketahui, sebelum program 'Yuk Nabung Saham' ini dicanangkan, strategi yang ingin saya share saat ini sudah kami terapkan sebelumnya di dalam program dsp Guide to Investing Program (G2I)

Tujuan dari program G2I adalah untuk memberikan panduan kepada setiap orang step-by-step bagaimana mengatur strategi berinvestasi di bursa saham, mulai dari membuat rencana sampai dengan penerapannya. Penerapan program G2I ini dapat diimplentasikan dalam beberapa strategi sesuai dengan tujuan investasi Anda; salah satunya untuk mendukung program Nabung Saham.

 

Untuk selalu diatas rata-rata.

Salam,

Ngurah Alit

Strategi Menerapkan Program ‘Yuk Nabung Saham’
Tagged on: