Miliki Goals Sebelum Memulai…

Lupakan berinvestasi di bursa saham jika Anda tidak memiliki tujuan (goals) investasi yang jelas. Anda hanya akan membuang-buang waktu, sampai benar-benar merencanakan & menjalankannya.

Membuat suatu goals tidak dibutuhkan biaya sama sekali… alias gratis. Namun hanya sedikit orang yang bersedia melakukannya.

Dalam hal berinvestasi, keinginanan & rencana Anda yang tertuang dalam goals investasi akan membuat Anda tetap bersemangat & bertahan dalam semua proses investasi yang mungkin akan dihadapi. Keputusan menetapkan goals sama saja dengan membuat keputusan untuk tetap bertahan & berkomitmen untuk terus maju… apapun rintangannya.

Setiap orang memiliki masa-masa investasi yang berbeda. Setiap orang memiliki masa sedang ‘jatuh’ & masa sebagai ‘pemenang’. Hanya tujuan investasi Anda sendiri yang akan membuat investasi Anda berjalan pada jalur yang telah ditetapkan sebelumnya.

Investasi di bursa saham adalah bukan hanya sekedar menjual atau membeli saham saja atau bukan hanya berusaha memperbesar nilai portfolio investasi saja. Investasi di bursa saham adalah mengenai bagaimana rencana Anda membangun investasi untuk diri sendiri dan keluarga Anda.

Saya adalah orang yang selalu berusaha bekerja berdasarkan goals. Sebelum menentukan arah investasi dalam tahun-tahun kedepan, sebisa mungkin saya akan menentukan goals apa yang saya inginkan, lengkap dengan game plan (skenario) yang mungkin akan terjadi. Sering kali untuk membuat ‘konsep’ perjalanan investasi ini, dibutuhkan waktu tidak hanya dalam 1 hari. Paling tidak, dibutuhkan waktu minimal 1 minggu untuk saya benar-benar memahami kemana arah investasi yang saya inginkan 1, 5 atau 10 tahun kedepan.

Saya banyak belajar mengenai hal ini dari Ibu saya. Beliau adalah orang yang sangat… sangat kuat dalam menentukan goals. Jika beliau sudah menentukan target, kapanpun beliau akan selalu ingat dengan goalsnya, dan setiap keputusan serta tindakan beliau selalu berdasarkan pada goals nya tersebut.

Mengapa saya tahu? Karena jika beliau sudah menentukan goalsnya, beliau selalu menceritakannya pada anak-anaknya & terus berulang-ulang mengatakannya lengkap dengan contoh-contoh proses yang telah direncakannya atau yang telah dijalaninya. Begitulah beliau mentransfer kebiasaannya dan komitmennya kepada saya.

Statement beliau selalu sangat keras & tegas jika menyangkut masalah komitmen goals.

Prinsip yang saya pelajari adalah,”Perbedaaan antara orang yang punya goals & tidak adalah hasil yang diperoleh dikemudian hari”.

Jadi… apa goals Anda di tahun 2016… 2017… 2018… dst?

Selanjutnya, setelah goals investasi ditentukan, lakukan evaluasi secara berkala. Dalam kebanyakan kasus, tujuan/goals investasi sebisa mungkin tetap dipertahankan seperti rencana semula, namun strateginya bisa berubah-ubah sesuai dengan tantangan yang dihadapi.

Bagaimana Menentukan Goals?

Saran saya, tentukan saja sekarang. Ambil keputusan sekarang.

Jika Anda sudah cukup lama berinvestasi di bursa saham, mungkin Anda sudah mulai dapat menentukan berapa besaran perkembangan investasi yang ingin diperoleh dalam 1, 5 atau 10 tahun kedepan. Tentukan angkanya.

Jika Anda baru pertama kali masuk di bursa saham, mungkin penentuan goals menjadi suatu tantangan tersendiri. Karena Anda belum terbiasa dengan ‘angka’ yang perlu ditetapkan. Saran saya, lihat perkembangan kinerja manager investasi selama 5 tahun terakhir (terutama untuk produk investasi saham), pelajari angkanya, dan putuskan angka yang masuk akal bagi Anda. Caranya, Anda bisa datangi perusahaan sekuritas terdekat & tanyakan mengenai kinerja portfolio produk-produk mereka. Dengan cara ini Anda paling tidak akan memiliki patokan yang jelas.

Setelah Anda menentukan angkanya, buat suatu skenario bagi diri Anda mengenai bagaimana cara Anda mencapainya. Saya menyebut aktivitas ini sebagai Game Plan Investasi.

Game plan investasi ini menjadi sangat penting, karena Anda bisa menghitung secara lebih detail bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda.

Misalnya,

Jika goals investasi Anda tahun 2016 adalah memiliki tingkat pertumbuhan portfolio sebesar 30%, kira-kira langkah apa yang Anda ingin lakukan? Investasi di bidang apa saja yang akan Anda pilih untuk mencapai goals 30% tadi. Apakah 100% di saham atau alokasinya dibagi dalam bentuk reksadana & saham atau ditambah dengan investasi aset seperti properti, emas dan yang lainnya.

Goals sebesar 30% yang Anda rencanakan apakah masuk akal untuk tahun ini? Apa yang kira-kira bisa mendukung goals tersebut bisa tercapai? Bagaimana dengan kondisi bursa saham? Bagaimana dengan situasi ekonomi dimana Anda berinvestasi? Apakah cukup kondusif untuk menetapkan goals setinggi 30%?

Jika Anda masih belum bisa melihat jelas goals 30% yang ingin Anda tetapkan, apakah mungkin menurunkan dahulu ke 20%-25%? Atau Anda lebih suka menentukan goals pencapaian rata2 dalam 10 tahun kedepan secara konsisten… misalnya konsisten di angka 18% per tahun selama 10 tahun kedepan.

Tentunya Anda perlu memikirkan semuanya dan menjabarkannya nanti pada strategi investasi yang Anda pilih. Masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk menentukan goals… luangkan waktu untuk berpikir. Dapatkan data-data yang akurat sebagai bahan patokan Anda, sehingga goals yang Anda tetapkan tidak hanya seperti ‘mengambil uang dari langit’.

Saran saya, dalam menentukan goals Anda perlu mempertimbankan konsistensinya dalam beberapa tahun kedepan. Hal yang terpenting adalah konsistensi & strategi yang tepat untuk mencapainya.

Jika Anda sudah terbiasa membuat goals, salah satu tips yang saya gunakan dalam menentukan goals adalah jangan mengambil ‘angka’ yang terlalu mudah dicapai & disisi lain jangan terlalu tinggi (yang sering kali membuat frustrasi). Tentukan ‘angka’ yang sedikit diatas zona nyaman Anda, ‘angka’ yang membuat Anda sedikit merasa tertantang.

Jika goals yang telah Anda tetapkan membuat Anda lupa dengan angkanya & menganggap bahwa targetnya biasa saja, berarti goals nya terlalu kecil. Jika goals yang Anda tetapkan membuat Anda bingung & tanpa berhenti memikirkannya sehingga membuat Anda patah semangat, berarti goals nya terlalu besar. Hanya Anda yang mengetahui target investasi yang pas untuk Anda, carilah ‘jalan tengah’.

Saran lain untuk bisa diterapkan.

Jika Anda belum pernah sama sekali menentukan goals di dunia investasi, tentukan saja dahulu goals yang kemungkinan besar dapat Anda capai pada awalnya. Tujuannya adalah agar goals yang Anda tetapkan kemungkinan besar pasti akan tercapai. Dengan cara ini, Anda akan semangat untuk menentukan goals berikutnya.

Setelah Anda terbiasa & lebih percaya diri dengan goals yang telah Anda capai, sedikit demi sedikit tentukan goals yang berada diluar zona nyaman Anda.

Alasan saya menyarankan hal ini karena kita sendiri perlu memiliki perasaan pernah merayakan goals yang pernah dibuat sebelumnya. Metode ini sangat efektif untuk diterapkan & bisa menjadi pemicu semangat untuk menentukan goals/tujuan yang lebih besar.

Ide lain cara menentukan goals investasi dengan lebih detail.

Misalnya Anda terlebih dahulu mencari tahu informasi mengenai pertumbuhan ekonomi suatu negara. Misalnya saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% per tahun.

Kemudian Anda mencari informasi mengenai berapa besarnya bunga acuan rata-rata BI rate… yang sekarang sudah diganti menjadi bunga acuan BI repor rate/7DRR (7-Day Repo Rate) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Misalnya saat ini rata-rata 5% per tahun. Disamping informasi ini, informasi lain yang bisa dijadikan patokan adalah berapa besarnya inflasi tahunan. Misalnya juga sama rata-rata 5% per tahun.

Selanjutnya, Anda perlu mencari informasi mengenai berapa kira-kira perusahaan-perusahaan terbuka memberikan dividen untuk investornya… secara rata-rata. Informasi ini agak sulit didapatkan, karena Anda perlu mendalami masing-masing perusahaan. Namun tentukan saja berdasarkan research kecil-kecilan yang Anda lakukan. Misalnya rata-rata sebesar 3% per tahun.

Pertama. Dari data research yang Anda lakukan, jumlahkan angkanya. Dalam hal ini jumlahnya menjadi 13% per tahun (5%+5%+3%).

Kedua. Dari angka diatas, bandingkan dengan kinerja bursa saham 10 tahun terakhir. Misalnya dari research pribadi yang saya lakukan, dalam 10 tahun terakhir (pembukaan bursa saham Jan 2006: 1232.32  s/d penutupan bursa saham Dec 2016: 4615.16) rata-rata pergerakan bursa setiap tahun adalah sebesar 14.12%.

Melihat dari data-data diatas Anda seharusnya sudah bisa mendapatkan ide berapa goals investasi Anda untuk 10 tahun kedepan secara rata-rata.

Hanya ide untuk Anda. Misalnya setelah melihat data-data diatas, Anda menetapkan goals 16% per tahun (angkanya mungkin dari rata-rata research pertama & kedua yang Anda lakukan, ditambah besarnya ekpektasi tambahan yang Anda tetapkan) selama 10 tahun kedepan. Mengapa goals dibuat lebih besar dari histori rata-rata data yang ada? Ingat… Anda perlu menantang diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman Anda! Hindari menentukan goals terlalu besar… atau terlalu kecil.

Dalam aplikasinya, sangat mungkin perkembangan investasi Anda tidak berjalan mulus dan konstan seperti goals Anda dalam 10 tahun kedepan. Bisa saja tahun tertentu pencapaian Anda 0% atau bahkan minus & tahun-tahun tertentu diatas 16% atau jauh diatasnya. Menurut saya, Anda perlu mengukurnya dalam jangka panjang & terus dievaluasi rata-ratanya setiap tahun. Luangkan waktu untuk duduk, berpikir & evaluasi diri. Carilah angka yang kira-kira tepat untuk Anda.

Dengan berjalannya waktu, tetap lakukan evaluasi secara berkala. Jika mengalami kemunduran, perbaiki tahun berikutnya. Jika mengalami kemajuan yang signifikan, jangan terlalu cepat berpuas diri/berbangga diri, antisipasi pergerakan investasi Anda pada tahun berikutnya. Segala hal dapat terjadi di bursa saham. Suatu waktu berjalan baik… waktu lainnya mengecewakan Anda.

Bagaimana Mengevaluasi & Menjalankannya?

Goals Performance
Goals, Strategy, Performance

Saat pertama kali menetapkan goals, pastikan goals tadi dilihat setiap hari & Anda perlu bertanya ‘Bagaimana’ terhadap goals tadi.

Misalnya,

“Bagaimana cara mencapainya? Apa strateginya?”

“Bagaimana membuat target Anda tercapai? Apa tahapnya?”

“Tambahan pembelajaran apa yang perlu dilengkapi untuk mencapai goals saya? Buku apa yang perlu saya baca untuk mempertajam pengetahuan tentang investasi… atau buku diluar investasi yang bisa memberikan tambahan inspirasi?

“Bagaimana menentukan goals jangka yang lebih pendek sehingga dapat menjadi batu loncatan untuk goals yang lebih besar?”

Dan lain sebagainya.

Dalam penerapannya, Anda mungkin perlu mengubah cara berpikir atau pola kerja Anda pada bagian-bagian tertentu.

Sulit sekali mencapai goals jika Anda memiliki cara berpikir yang sama dan disatu sisi mengharapkan tercapainya goals investasi yang Anda inginkan. Hal ini yang menyebabkan Anda perlu bertanya ‘Bagaimana’ pada diri sendiri.

Ada buku bagus mengenai goals. Anda bisa registrasi ‘perpustakaan online’ pada link berikut & akan menemukan banyak buku untuk menopang rencana investasi Anda; salah satunya berjudul ‘Goals’ karya Brian Tracy.

Menjalankan goals adalah masalah komitmen pribadi. Berita baiknya, Anda hanya perlu mengambil keputusan 1 kali diawal & berkomitmen menjalankannya… mengevaluasinya sampai selesai.

Evaluasi goals perlu dilakukan secara berkala, bisa mingguan, bulanan setiap 3 bulan atau setiap tahun. Intinya adalah agar Anda bisa memastikan bahwa jalan yang ditempuh sudah sesuai dengan jalur yang Anda bayangkan.

Apakah Ada Kemungkinan Goals Berubah?

Mungkin saja. Tidak tercapai juga sangat mungkin, namun akan jauh lebih baik memiliki goals daripada tidak sama sekali.

Usahakan menentukan goals dengan matang sejak awal. Bicarakan dengan orang terdekat & minta bantuan masukan & dukungan. Dengan cara ini, kita sebagai pemilik goals akan cenderung memiliki komitmen yang lebih baik.

Jika bertemu masalah, goals tidak serta merta harus diubah. Perlu dievaluasi & dipikirkan kembali. Umumnya yang perlu berubah adalah strategi bagaimana mencapainya… bukan goalsnya.

Apa dampaknya bagi Anda?

Yang pasti adalah hasil yang diperoleh.

Mari kita lihat bagaimana dampaknya. Misalkan petumbuhan investasi Anda adalah rata-rata 16% per tahun. Jika dihitung dalam 10 tahun dari sekarang, maka secara total investasi Anda akan tumbuh dan bertambah menjadi 341.14% diluar pokok investasinya. Jika Anda menginvestasikan Rp.100juta untuk dikelola dengan benar di bursa saham dengan penetapan goals yang benar dan diiringi dengan strategi yang tepat, maka uang Anda akan menjadi Rp.441juta (kira-kira 4.5 kali lipatnya).

Bagaimana jika kerja keras Anda lanjutkan menjadi 20 tahun dari sekarang? Dengan asumsi konsistensi perkembangan investasi yang sama, maka uang Anda akan tumbuh dan bertambah menjadi 1846.08% diluar pokok investasinya. Jika dihitung, dana investasi Anda akan menjadi Rp.1.956M (kira-kira 19.5 kali lipatnya!).

Semuanya ini tidak mungkin terjadi jika Anda tidak bersedia menentukan goals, mengatur strategi dan bekerja pintar untuk merealisasikannya. Jangan pernah bermimpi untuk mendapatkan hasil yang optimal tanpa persiapan investasi yang cukup… dan yang pasti akan membutuhkan waktu jangka panjang, tidak hanya 1-2 bulan atau 1-2 tahun saja.

 

Saya juga telah mempersiapkan materi bagaimana pentingnya menetapkan goals investasi pada program Guide to Investing (G2I). Anda bisa akses secara lengkap disini: https://www.id.dailystockprice.net/g2i-step-3

Untuk memberikan ide bagaimana salah satu strategi menjalankan goals Anda, saya juga telah menulis dan merekam video bagaimana mengimplementasikannya. Konsep yang saya bagikan dalam artikel & video ini cukup sederhana & saya menerapkannya dengan konsep yang saat ini sedang digaungkan oleh otoritas bursa saham. #YukNabungSaham: http://dailystockprice.net/nabung-saham

Mudah-mudahan bisa membantu.

Salam,

Ngurah Alit

Pentingnya Memiliki Goals Di Bursa Saham
Tagged on: