Ini adalah artikel ke-2 mengenai 'Yuk Nabung Saham'. Artikel pertama dapat diakses melalui link ini.

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai konsep menabung saham & implementasinya, Anda perlu mencari sumber data untuk mendukung program nabung saham.

Dalam banyak kasus yang pernah saya alami & dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang ada, setiap investasi akan membutuhkan tiga hal berikut:

Data, cara/kebiasaan/metode/strategi dalam implementasinya dan keberanian dalam mengambil keputusan investasi. Kemudian perlu diulangi sampai tujuan tercapai.

Ketiga hal diatas perlu sejalan dengan toleransi resiko yang Anda miliki. Jika tidak sejalan, kemungkinan besar apa yang Anda lakukan akan mengalami kesulitan. Biasanya yang terjadi adalah Anda akan berhenti ditengah jalan. Padahal seperti pada artikel & video saya sebelumnya, konsep menabung saham ini skemanya adalah untuk jangka panjang... untuk selamanya.

Saya akan berusaha semaksimal mungkin membantu Anda agar dapat menjalankan konsep menabung saham ini. Saya sarankan Anda meyimak video berikut.

Saatnya implementasi.

Pilihan Pertama: Metode Jangka Panjang.

Nabung Saham Dengan Strategi Investasi Jangka Panjang.

Nabung Saham
#YukNabungSaham

Strategi ini paling saya sarankan, terutama bagi Anda yang pemula atau Anda yang benar-benar memiliki tujuan investasi jangka panjang.

Dengan pilihan pertama, fokus Anda adalah membeli saham dengan tujuan jangka panjang. Dengan pilihan ini, Anda perlu fokus mencari saham secara fundamental atau investasi melalui reksadana saham.

Seperti pada video diatas, Anda membutuhkan data untuk nabung saham. Akses data: http://dailystockprice.net/paket-nabung-saham. Jika Anda sudah memiliki sumber datanya, Anda dapat melanjutkan data tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan tabel dsp untuk membeli saham dengan konsep menabung saham, video berikut akan memberikan beberapa ide untuk memilih saham dengan praktis.

Jika Anda memilih untuk investasi melalui reksadana saham, silahkan ikuti strateginya dalam program Guide to Investing.

Pilihan Kedua: Metode DSP.

Investasi Saham Dengan Strategy Trading Jangka Pendek, Menengah atau Panjang.

Jangka Pendek tidak berarti day trading. Metode dsp bukan untuk diaplikasikan untuk day trading. Koridor waktu jangka pendek, menengah atau panjang disesuaikan arah pergerakan bursa saham. Setiap arah bursa saham akan mengakibatkan implementasi strategi yang berbeda. Umunya arah pergerakan bursa dapat berjalan dalam rentang waktu mingguan, bulanan atau kira-kira 18 bulan, 24 bulan atau lebih.

Strategi ini dapat dilakukan bagi Anda pemula maupun Anda sebagai investor yang telah berpengalaman di bursa saham. Strategi dan aturan dsp akan dapat memandu Anda mengikuti ritme pergerakan saham melalui Tabel Market Direcitons. DSP akan selalu memberikan Anda update terkini mengenai arah bursa, untuk memastikan implementasi strategi ini selalu berjalan baik.

Untuk memudahkan Anda mengambil keputusan investasi, saya sarankan Anda mengambil paket Professional terlebih dahulu. Sewaktu-waktu Anda dapat pindah ke paket data lainnya sesuai dengan kebutuhan investasi Anda atau yang sesuai dengan budget investasi Anda.

Jika Anda sudah memahami analisa fundamental, maka kombinasi Paket Data Professional dengan Paket Data Fundamental dapat menjadi pilihan Anda.

Kombinasi pilihan data Professional dengan Fundamental akan membutuhkan penerapan strategi yang berbeda. Anda bisa menerapkan strategi yang sudah dijalankan dsp dengan tambahan data Fundamental. Masing-masing paket data tersebut dapat Anda coba.

Pilihan Ketiga: Metode Trading.

Jual/Beli Saham Sebagai Trader Dengan Strategi Jangka Pendek.

Strategi ini hanya saya sarankan bagai Anda yang berpengalaman di bursa saham & sudah memiliki metode analisa teknikal tertentu untuk membantu mengambil keputusan investasi.

Dengan pilihan ketiga, fokus Anda adalah melakukan trading harian (day trading) atau jangka pendek. Data yang Anda butuhkan adalah paket Advance-100.

Apapun data & strategi yang Anda pilih, pastikan sejalan dengan rencana investasi Anda.

Banyak yang bertanya ke saya, pilihan mana yang paling bisa menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat?

Sebenarnya, jawabannya bukan hanya masalah untung-rugi atau cepat-lambat. Semuanya bisa dijalankan selama strateginya cocok untuk Anda. Saya pribadi telah melakukan ketiga pilihan tersebut, namun pada akhirnya saya sendirilah yang paling tahu mana pilihan yang terbaik untuk tujuan investasi saya untuk kedepannya... demikian juga untuk Anda.

Anda perlu membuat pilihan... membuat keputusan. Akan lebih baik Anda ambil keputusan & melakukannya saja... dan biarkan waktu yang membuktikannya. Boleh saja mengganti strategi investasi selama dalam perjalanan, yang penting tujuan investasi jangka panjang Anda dapat tercapai. Jangan takut membuat kesalahan.

Untuk menghemat waktu Anda, saya telah mempersiapkan artikel yang membahas cara sumber analisa data agar dapat disinkronisasikan tujuan investasi Anda. Klik untuk membaca artikelnya.

Mudah-mudahan dengan informasi ini cukup membantu Anda berinvestasi di bursa saham.

Ngurah Alit.

Nabung Saham: Mencari Sumber Data & Metode Investasi